paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
CANDI GATOKACA
Candi Legendaris Cerita Mahabarata
candi gatotkaca dieng jawa tengah
candi gatotkaca dieng jawa tengah
candi gatotkaca dieng jawa tengah
candi gatotkaca dieng jawa tengah
candi gatotkaca dieng jawa tengah
candi gatotkaca dieng jawa tengah
Candi Gatotkaca
Candi Terletak di Lereng Pangonan


Tentang Candi Gatotkaca


Dimana letaknya


Tentang Candi Gatotkaca

Dataran Tinggi Dieng tak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan akan tetapi tempat bersemahyam para dewa ini mempunyai nilai-nilai sejarah yang tak ternilai harganya. Seperti candi-candi Dieng yang beraliran Hindu dan masih kokoh berdiri di antara bentang alam yang indah seperti keberadaan Candi Gatotkaca. Candi Gatotkaca Dieng berada di hamparan landscape pegunungan Dieng yang indah. Banyak orang yang tak akan melewatkan untuk mengunjungi candi yang satu ini.

Candi Gatotkaca sekarang hanya berdiri menyendiri tanpa ada candi-candi lainnya di daerah berdirinya candi ini karena kebanyakan sudah runtuh dan tidak bisa tersusun kembali. Sebenarnya di Kawasan Komplek Candi Gatotkaca ada beberapa candi diantaranya adalah Candi Petruk, Candi Nakula, Candi Sadewa, Candi Antareja, Candi Setyaki, dan Candi Gareng. Keenam candi ini sudah tidak bisa berdiri kokoh seperti Candi Gatotkaca karena hanya tinggal puing-puingnya saja dan banyak bagian candi yang sudah hilang sehingga sulit untuk di bentuk kembali.

Candi Gatotkaca memiliki ukuran yang hampir mirip dengan candi-candi Dieng lainnya yaitu candi yang berukuran kecil 4,5 x 4,5 meter persegi. Menurut para arkheolog Candi Gatotkaca di bangun pada zaman Ratu Sima saat Kerajaan Kalingga sekitar abad ke 8. Di dalam Candi Gatotkaca juga terdapat yoni seperti di Komplek Candi Arjuna yang menjadi ciri khas candi beraliran Hindu.

Dimana letaknya

Saat mengikuti tour Dieng tentunya jangan sampai kelewatan di destinasi wisata yang satu ini yakni dimana Candi Gatotkaca berada. Tak lengkap perjalanan tour Dieng Anda jika tak mengenyam pengalaman sejarah di dataran tinggi ini. Berwisata alam sambil berwisata sejarah akan membuat tour Dieng Anda semakain mantap.

Candi Gatotkaca terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur yang memasuki wilayah Kabupaten Banjarnegara. Candi Gatotkaca dapat ditempuh dari kawasan Komplek Candi Arjuna yang berada di sebelah barat. Ada jalan nan asyik di lewati untuk menuju Candi Gatotkaca yaitu berjalan di antara rimbunnya pepohonan cemara di kanan kiri jalan setapak menuju Candi Gatotkaca. Perjalanan tak terlalu lama sekitar 15 menit berjalan kaki Anda sampai ke titik dimana Candi Gatotkaca berada.

Untuk menuju Candi Gatotkaca juga bisa dengan kendaraan, lokasi candi ini tepat berhadapan dengan Museum Kailasa dimana tempat untuk menyimpan benda-benda sejarah seperti arca. Jalan menuju Candi Gatotkaca juga searah dengan jalur menuju Candi Bima, Kawah Sikidang, Dieng Plateau Theater, Batu Pandang, Telaga Warna dan Bukit Sidengkeng.

Ada pemandangan elok yang dapat Anda saksikan dan pastinya akan membawa perjalanan tour ke Dieng bersama family ataupun kerabat semakin berkesan. Selain menyaksikan keunikan bangunan Candi Gatotkaca sebagai Candi Hindu kuno di Pulau Jawa Anda juga dapat menyaksikan landscape alam Central Of Dieng Plateau, disana ada Telaga Balekambang terhampar luas dan tampak sekumpulan candi di Komplek Candi Arjuna terlihat dari kejauhan.