paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
buah carica Dieng jawa tengah
buah carica Dieng jawa tengah
buah carica Dieng jawa tengah
buah carica Dieng jawa tengah
buah carica Dieng jawa tengah
buah carica Dieng jawa tengah
Carica Dieng
Pepaya khas Dieng


Tentang tanaman Carica Dieng


Seperti apa Carica Dieng


Cara pembuatan manisan Carica


Tentang tanaman Carica Dieng

Dieng merupakan daerah pegunungan terunik di Provinsi Jawa Tengah, terlihat dari keberagaman bentang alam yang menawan, kuliner khasnya, sosial budaya serta aneka tanaman pertanian yang di budidayakan di Dieng. Tanah yang subur menjadi surga para petani untuk memanfaatkan tanah-tanah kosong menjadi sumber-sumber penghidupan mereka. Aneka sayur-mayur tumbuh subur di Dataran Tinggi Dieng dan akan membawa perekonomian yang bagus pula untuk penduduk Dieng.

Selain pertanian kentangnya, Dieng kaya akan tanaman-tanaman unik lainnya. Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah carica Dieng, buah carica Dieng merupakan sebangsa tanaman pepaya akan tetapi hanya tumbuh di Dieng Jawa Tengah. Pohon carica Dieng tumbuh baik mulai pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, tepatnya di daerah Gardu Pandang Tieng. Banyak pohon carica terhampar luas di Daratan Tinggi Dieng dan menjadi maskot utama daerah pegunungan ini.

Seperti apa Carica Dieng

Tanaman carica ini terbilang sangatlah unik, carica dengan nama latinnya carica papaya hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah. Walaupun di tanam di udara yang sama bahkan di daerah yang lebih dingin dari Dieng Plateau tetap saja Carica Dieng Tidak mau tumbuh seperti yang hanya ada di Dieng.

Pohon carica Dieng memiliki kesamaan dengan pohon pepaya pada umumnya tapi batang pohon carica Dieng memiliki banyak cabang. Buahnya kecil-kecil seperti belimbing dan menempel rimbun di permukaan batang. Rasa dari buah carica dieng tidaklah manis seperti pepaya akan tetapi memiliki rasa dan aroma khas yaitu daging buahnya berasa asam seperti nanas dan rasa biji carica berasa seperti buah markisa dengan aroma yang menggugah selera.

Bentuk dan aroma yang khas, buah carica Dieng ini menggoda siapa saja untuk mencicipinya akan tetapi buah ini jarang dikonsumsi langsung seperti buah pepaya akan tetapi kebanyakan sudah di olah terlebih dahulu menjadi panganan khas Dieng yaitu manisan carica, syrup carica, aneka keripik carica. Makanya saat kita melewati jalur Wonosobo-Dieng banyak home industry carica di sisi kanan kiri jalan.

Saat ini buah carica menjadi maskot kuliner khas Dieng Jawa Tengah Indonesia. Hampir semua orang yang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng membawa buah tangan carica. Tidak hanya pengalaman dan berjelajah alam di Dieng saja yang didapatkan akan tetapi kuliner khas seperti carica Dieng ini akan Anda bawa juga ke kampung halaman, Anda juga dapat menambahkan camilan khas lainnya seperti purwaceng Dieng, kacang Dieng, jamur Dieng, kentang Dieng, cabe Dieng serta camilan atau oleh-oleh khas lainnya.

Cara pembuatan manisan Carica

Cara pebuatan carica ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuat sendiri manisan carica ala rumahan. Ada beberapa step membuat manisan carica Dieng diantarnya pemilihan bahan baku carica dan proses pembuatan agar menjadi manisan carica Dieng enak.

Pemilihan bahan baku

Pemilihan bahan baku pembuatan manisan carica ini sangatlah penting agar hasil manisan carica menjadi baik. Pilihlah buah carica Dieng yang sudah matang atau menguning. Jika Anda mempunyai carica yang masih terlihat hijau atau mentah terlebih dahulu simpanlah carica di box selama kurang lebih 2 hari sampai warna kulit berubah menjadi kuning.

Cara mengolah carica Dieng

Pertama-tama buah carica yang sudah di pilih dikupas sampai bersih. Kemudian buah carica yang sudah di kupas direndam dalam air garam secukupnya agar tidak gatal. Setelah itu barulah di cuci bersih kemudian di belah menjadi dua dan diambil bijinya.

Biji buah carica tersebut jangan di buang, ambilah sari biji carica itu sebagai olahan air manisan carica dengan cara meniriskan terlebih dahulu agar sari buahnya bisa diambil. Buah carica tadi dipotong-potong menurut selera kemudian cucilah sampai bersih.

Sari buah carica yang berasal dari bijinya kemudian ditakar dan siap dimasak dengan perbandingan sari carica dan air yaitu 1:7. Jika sari buah carica 1 liter maka Anda harus menambahkan air sebanyak 7 liter. Kemudian jangan lupa untuk menambahkan gula secukupnya sesuai selera Anda. Rebuslah air sari carica yang sudah dicampur dengan air biasa dan gula sampai mendidih. Saat Anda menyiapkan air syrup carica Anda juga harus mulai merebus buah carica yang dipotong-potong tadi dengan tingkat kematangan sesuai selera. Jika Anda menginginkan buah carica kenyal maka rebuslah sebentar jangan terlalu lama kemudian tiriskan.

Setelah air syrup rebusan sari buah carica mendidih, check kembali untuk tingkat kemanisan air syrup tadi jika terlihat sudah pas matikan kompor segera. Baru carica yang sudah di rebus tadi dimasukkan ke dalam air syrup. Diamkan sebentar agar air sari buah carica meresap pada daging buah baru bisa di cicipi. Manisan carica ini akan lebih enak jika disajikan dalam keadaan dingin. Sungguh mudah bukan.