paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
Sunrise Sikunir
Sunrise Paling Fenomenal di Dieng
golden sunrise sikunir dieng plateau jawa tengah
Golden Sunrise Sikunir
Sunrise Paling Fenomenal di Dieng


Hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak menyapa pagi di Sikunir


Mengapa Sikunir menjadi buruan utama wisatawan yang datang?


Perjalanan simple sehari + sunrise dari luar kota


Bagaimana Schedulenya?


Saat ini tentunya tidak asing lagi bagi siapapun yang mendengar tentang Golden Sunrise Sikunir. Golden Sunrise Sikunir merupakan obyek wisata utama di Dieng Plateau. Bagi siapapun yang berkunjung ke Dieng, mengejar sunrise dari Bukit Sikunir telah menjadi keharusan tersendiri serta telah menjadi agenda wajib para wistawan. Sikunir adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Sembungan yang masuk ke dalam ranah Kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan merupakan salah satu desa wisata di Dieng dan ternominasi sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa.

Untuk menikmati matahari terbit dari Bukit Sikunir para wisatawan harus berangkat dini hari. Jika menginap di Kota Wonosobo Anda diharuskan berangkat jam 03.00 pagi karena akan menempuh jarak sekitar 30 km dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Sepanjang jalan Wonosobo - Dieng memang masih terbilang belum banyak penerangan jalan sehingga disarankan untuk mengajak Guide maupun Driver atau mengikuti suatu paket wisata yang pastinya sudah mengenal jalur Dieng secara cermat.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak menyapa pagi di Sikunir

Adapun hal-hal yang perlu di persiapkan ketika hendak mengejar sunrise dari Bukit Sikunir diantaranya mempersiapkan fisik secara matang karena harus berjalan mendaki bukit kurang lebih 500 meter dengan medan yang masih alami berupa batu dan tanah. Karena memang tidak ada penerangan di jalur pendakian, wisatawan harus membawa lampu senter atau penerangan. Meskipun terbilang sepele tapi akan berakibat sangat fatal jika tidak dipersiapkan.

Dieng terkenal dengan daerah pegunungan yang berhawa dingin apalagi malam dan pagi hari sehingga kita perlu mempersiapkan jaket hangat, sarung tangan, tutup kepala apalagi di saat suhu udara di Dieng mengalami minus yaitu di musim kemarau tiba bahkan Anda juga dapat menyaksikan salju Dieng. Yang harus diperhatikan lagi ketika mendaki Bukit Sikunir adalah jangan sampai salah kostum seperti sepatu. Saat mengunjungi obyek wisata Dieng yang satu ini sepatu juga sangat penting, disarankan memakai sepatu khusus adventure atau sepatu lapangan.

Biasanya start mendaki Bukit Sikunir adalah pukul 04.15, akan tetapi jika Anda ingin berangkat kapanpun itu terserah masing-masing pribadi. Cahaya keemasan sebelum sang mentari terbit akan muncul sekitar pukul 05.00 pagi, saat itulah pemandangan alam sekitar benar-benar sangat menakjubkan. Surganya di pagi hari terlihat dari Bukit Sikunir. Tak heran banyak orang yang berbondong-bondong ke Dieng hanya untuk melihat dan merasakan hangatnya semburat cahaya keemasan pagi hari dari Bukit Sikunir Dieng Plateau.

Pemandangan matahari terbit akan tampak berbeda-beda setiap harinya tergantung kondisi cuaca dan musim. JIka musim penghujan kita dapat menyaksikan gumpalan awan yang membentuk lautan awan sehingga Dieng dijuluki sebagai Dieng negeri di atas awan. Jika kurang beruntung saat berkunjung di musim penghujan yang akan di dapatkan hanyalah kabut. Saat musim kemarau sunrise di bukit sikunir juga tidak kalah bagusnya. Di setiap paginya hampir mendapatkan Golden Sunrise dengan cuaca cerah tanpa terhalang kabut. Di musim ini kita jarang mendapatkan lautan awan seperti di musim penghujan.

Mengapa Sikunir menjadi buruan utama wisatawan yang datang?

Dataran Tinggi Dieng memang sudah terkenal sejak lama karena keindahan landscape alamnya dan udaranya. Tidak sedikit orang-orang melancong datang dari dalam maupun luar negeri apalagi saat weekend tiba. Dieng mulai melejit namanya saat berita sosial media maupun pers mengibarkan nama Golden Sunrise Sikunir. Sejak itulah Dataran Tinggi Dieng mulai ramai dikunjungi para wisatawan.

Satu alasan yang membuat Golden Sunrise Sikunir menjadi buruan utama wisatawan karena memang sangatlah indah melihat matahari mulai terbit dari peraduannya. Apalagi bukit ini juga di kelilingi gunung-gunung indah seperti Gunung Sindoro yang juga menjadi maskot utama terbitnya matahari dari Bukit Sikunir ini. Tidak hanya pemandangan indah saja yang di dapat akan tetapi untuk menuju ke atas bukit tidaklah terlalu sulit meskipun dengan medan yang masih alami berupa batu maupun tanah. Waktu mendaki juga tidak terlalu lama yaitu hanya kurang lebih 30 menit sampai ke atas bukit.

Untuk balita dan lansia memang tidak dianjurkan untuk berburu sunrise di Bukit Sikunir karena medan yang tidak memungkinkan. Mungkin bisa di alihkan untuk melihat sunrise dari Gardu Pandang saja yang tidak dengan mendaki bukit terlebih dahulu. Jutaan orang mengagumi keindahan sunrise dari Bukit Sikunir Dieng. Ada beberapa moment yang paling diminati para pelancong di antaranya saat bulan-bulan penghujan mulai tiba sekitar bulan Oktober dan November. Waktu inilah Anda dapat menyaksikan negeri di atas awan. Moment ini yang membuat heboh orang-orang pecinta landscape dan para photograph.

Ada beberapa cara menuju ke Bukit Sikunir diantaranya bisa menggunakan kendaraan sendiri yaitu sepeda motor maupun mobil pribadi. Kalau tidak ingin merasa ribet dan tidak tau medan Dieng lebih baik menggunakan jasa layanan tour sunrise Dieng yang sudah tersedia atau mengikuti paket wisata Dieng plus Sunrise Sikunir biasanya berdurasi hanya one day tour dieng maupun paket 2 hari 1 malam baik rombongan atau private tour.

Jangan mengaku sudah ke Dieng kalau belum pernah mencecap keindahan matahari terbit dari Bukit Sikunir yang sudah menjadi buruan utama jutaan wisatawan.


Perjalanan simple sehari + sunrise dari luar kota

Liburan merupakan bagian terpenting dari sebuah kehidupan. Banyak orang mengidam-idamkan liburan sebagai moment yang sangat special dimana dapat berkumpul dengan semua keluarga, sahabat atau teman tanpa terbebani pekerjaan yang telah menjadi rutinitas sehari-hari. Impian perjalanan ke pegunungan maupun dataran tinggi contohnya Dieng memang menjadi momok di kalangan orang-orang metropolitan. Bahkan mereka menjadikan Dieng sebagai tempat favorit liburan mereka. Selain dapat menghirup udara sejuk pegunungan, pemandangan alam beraneka ragam yang indah dapat dinikmati. Saat mengunjungi Dieng pasti ada satu hal yang tak boleh terlewatkan dan mungkin ini menjadi tujuan liburan Anda yaitu menyaksikan matahari terbit dari puncak Bukit Sikunir.

Biasanya mereka yang datang ingin menikmati matahari terbit dari Puncak Sikunir memiliki agenda menginap 1 malam atau 2 malam di Dieng maupun Wonosobo. Tapi akan berbeda jika Anda adalah orang super sibuk yang hanya bisa sehari saja mengunjungi Dieng. Banyak orang mengatakan bahwa jika ingin sunrise harus nginap minimal 1 malam, tapi kali ini anda bisa merasakan hangatnya cahaya pagi sang mentari dari Bukit Sikunir dengan landscape indah hanya dalam waktu sehari saja. Tentu tenaga yang dibutuhkan sangatlah ekstra dari awal penjemputan hingga sampai ke Dieng.

Bagaimana schedulenya?

Kota yang paling sering disinggahi dan sebagai area meeting point tour Dieng adalah Yogyakarta, Semarang maupun Purwokerto. Dari situlah biasanya Anda akan di jemput oleh biro-biro wisata terkait yang sudah di booking untuk melakukan perjalanan wisata Anda, paling tidak sore hari sudah di tempat-tempat meeting point tersebut karena jam 11 malam biasanya sudah dijemput untuk menuju ke Dieng. Lama perjalanan bervariasi, 4 jam dari Semarang, 3 jam dari Yogyakarta dan 2 jam dari Purwokerto untuk perjalnaan malam. Rekomendasi meeting point jika ingin mengikuti paket one day tour plus sunrise adalah dari Kota Purwokerto karena waktu yang dibutuhkan lebih singkat.

Anda memiliki kurang lebih 1 jam waktu senggang yang dapat digunakan untuk beristirahat terlebih dahulu. Jika sudah sampai Wonosobo Anda bisa singgah untuk makan di warung-warung lesehan di sekitar kota. Ketika pukul 03.00 dini hari baru beranjak dari kota Wonosobo langsung menuju Dieng. Di area parkir Sikunir juga banyak warung-warung kecil yang menjajakan makanan ringan, gorengan, mie, ataupun aneka minuman hangat lainnya yang dapat dimafaatkan juga sebagai sarana tempat istirahat dan untuk menghangatkan tubuh.

Waktu yang ideal untuk mendaki Bukit Sikunir adalah jam 04.00 pagi yaitu waktu yang tepat karena tidak terlalu pagi atau kesiangan. Perjalanan mendaki bukit dengan ketinggian 500 meter bisa ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 30 menit hingga 45 menit tergantung fisik masing-masing perserta. Ada 2 titik post pendakian yaitu post pertama dan post kedua (paling puncak) jika fisik masih oke bisa langsung menuju pos puncak dengan pemandangan yang lebih bagus tentunya.

Dari jam 05.00-07.00 Anda bisa merasakan dingin dan sejuknya hawa pegunungan yang segar serta menyaksikan indahnya Golden Sunrise dari Bukit Sikunir yang ramai dibicarakan orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Setelah selesai asyik menikmati landscape sunrise tentunya ada hidangan alam selanjutnya sebelum kembali ke tempat meeting point semula yaitu kawah, telaga dan candi. Kawah yang sering dikunjungi adalah Kawah Sikidang, telaga yang paling fenomenal adalah Telaga Warna serta candi yang ramai dibicarakan adalah Komplek Candi Arjuna. Saat musim kemarau Anda juga dapat menyaksikan fenomena unik di Dieng yaitu munculnya kristal-kristal butiran es yang membeku seperti salju. Tour Dieng selesai sekitar jam 10 pagi baru dilanjutkan kembali ke tempat meeting point semula.

Nah ternyata perjalanan ke Dieng sehari saja ini sangatlah simple dan bisa sebagai panduan bagi Anda yang mempunyai waktu sedikit untuk tour ke Dieng. Dalam satu hari atau tour singkat one day tour Dieng impian melihat matahari terbit dari Bukit Sikunir serta mengunjungi destinasi wisata popular di Dieng menjadi terwujud.