paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
GUNUNG SINDORO
Gunung Fenomenal Di Area Dieng
gunung sindoro dieng jawa tengah
gunung sindoro dieng jawa tengah
gunung sindoro dieng jawa tengah
gunung sindoro dieng jawa tengah
gunung sindoro dieng jawa tengah
gunung sindoro dieng jawa tengah
Gunung Sindoro
Background Landscape Utama Dieng


Tentang Gunung Sindoro


Terlihat di Gardu Pandang Tieng


Terlihat Komplek Candi Arjuna


Terlihat dari Bukit Sidengkeng Dieng


Terlihat dari Bukit Sikunir Dieng


Terlihat dari Gunung Prau Dieng


Terlihat dari Perkebunan Teh Tambi


Terlihat dari Telaga Menjer


Tentang Gunung Sindoro

Secara Geografis Kabupaten Wonosobo di apit oleh dua gunung besar yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kedua gunung ini memang terkenal dengan sebutan gunung kembar karena jika terlihat dari bentuknya memang dua gunung ini terlihat sangatlah mirip. Jika pergi untuk tour ke Dieng ataupun singgah di kota Wonosobo kebanyakan orang-orang menanyakan tentang 2 gunung kembar ini yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.136 meter di atas permukaan laut. Gunung Sindoro termasuk kedalam deretan Gunung Aktif di Jawa Tengah. Tercatat dari tahun 1806, 1818, 1882, 1883, 1887, 1902, 1903, 1906, 1908, 1910, 1970 terjadi letusan atau peningkatan aktivitas vulkanik. Setelah 40 tahun tidur, pada tahun 2011 silam gunung ini terjadi peningkatan aktivitas dengan tumbuhnya rekahan-rekahan kawah baru yang berpotensi terjadi letusan. Meskipun Sindoro termasuk ke dalam gunung aktif di Jawa Tengah masih aman di kunjungi asal para pendaki sudah mengetahui tata cara dan prosedur ataupun jalur pendakian Gunung Sindoro. Karena masih banyak gas CO2 yang berada di kawah-kawah Gunung Sindoro jadi para pendaki harus tetap waspada.

Dataran Tinggi Dieng memiliki potensi wisata alam yang tak terhitung jumlahnya. Disana ada pegunungan, sunrise, kawah, telaga, maupun candi-candi tua beraliran Hindu yang masih lestari di dalamnya. Kebanyakan obyek wisata di Dieng ini menawarkan background landscape Gunung Sindoro. Ingin tau obyek wisata Dieng mana saja yang menawarkan keindahan background landscape Gunung Sindoro? Simak artikel di bawah ini sebagai acuan jika Anda hendak tour ke Dieng.

Terlihat di Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Dieng Plateau berada pada ketinggian 1.789 mdpl. Landscape utama di Gardu Pandang Tieng adalah kaldera Gunung Prau, pegunungan nganjir, rumah-rumah penduduk, hamparan pertanian kentang dan yang menjadi maskot dari tempat ini adalah landscape Gunung Sindoro.

Terlihat di Komplek Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna Dieng merupakan peninggalan peradaban Hindu masa lalu. Peradaban masa lalu itu meninggalkan bangunan-bangunan candi kuno. Candi-candi kuno terprediksi sebagai candi Hindu tertua di Pulau Jawa. Komplek Candi Arjuna dengan lima candi di dalamnya mampu mengundang siapa saja untuk datang. Tak hanya wisatawan local saja wisatawan asing pun sangat antusias terhadap peninggalan masa lalu. Landscape alam yang di tawarkan di Komplek Candi Arjuna ini memang memukau. Ke lima candi ini berdiri megah di tengah-tengah kawasan Dieng Plateau. Disana terlihat indah Gunung Sindoro. Sebagian besar tempat-tempat terindah di Dieng kebanyakan terlihat landscape Gunung Sindoro. Sungguh indah bukan? Gunung Sindoro terlihat agak kecil dari tempat ini hanya terlihat puncaknya saja. Landscape Gunung Sindoro dari Komplek Candi Arjuna ini terlihat diantara Bukit Pangonan serta Bukit Pakuwojo.

Terlihat dari Bukit Sidengkeng Dieng

Taukah Anda tempat melihat dua telaga cantik di Dieng yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon? Bukit Sidengkeng inilah tempat untuk menyaksikan dua telaga tersebut. Hanya dengan mendaki bukit kurang lebih 20 menit saja. Keindahan alam Telaga Warna dan Pengilon akan tersajikan. Dari puncak Bukit Sidengkeng ini juga Landscape Gunung Sindoro terlihat apik tepat di belakang dua telaga cantik ini apalagi saat musim kemarau dan langit tampak membiru. Sungguh sempurnanya Mahakarya Tuhan yang tertuang di negeri kahyangan Dieng.

Terlihat dari Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir juga menawarkan landscape utama Gunung Sindoro. Saat pagi hari kala sang mentari terbit Gunung Sindoro inilah sebagai landscape utama di Bukit Sikunir. Tak hanya pagi hari saja di siang haripun Gunung Sindoro tampak sangat megah dan Indah dari Bukit Sikunir. Maka tak sungkan orang-orang untuk berfoto-foto dengan background Gunung Sindoro.

Terlihat dari Gunung Prau Dieng

Saat tracking Gunung Prau selain pemandangan utama golden sunrise dan Bukit Teletubbies Dieng, ada beberapa gunung-gunung besar yang pastinya menjadi panorama utama di Gunung Prau ini seperti Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan pastinya Gunung Sindoro menjadi maskot utamanya.

Terlihat dari Perkebunan Teh Tambi

Dataran tinggi memang identik dengan perkebunan teh. Perkebunan teh di area Dieng Plateau ini berada di lereng Gunung Sindoro yaitu Perkebunan Teh Tambi. Perkebunan Teh Tambi memang memiliki pemandangan yang teramat memukau karena memiliki background landscape Gunung Sindoro. Gunung Sindoro akan terlihat lebih dekat dengan kita saat mengunjungi area perkebunan. Makanya banyak para wisatawan deman piknik di area perkebunan teh.

terlihat dari Telaga Menjer

Telaga Menjer merupakan salah satu telaga terluas di lembah Dieng. Telaga ini memiliki luas kurang lebih 70 hectar. Telaga menjer sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan karena pemandangan alam yang di tawarkan mampu menarik para wisatawan untuk singgah. Dari Telaga Menjer Gunung Sindoro pun tampak menemani para wisatawan yang datang baik hanya untuk berfoto-foto ataupun wisata berperahu dengan perahu-perahu bamboo sederhana mengelilingi untuk telaga.