paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
IDE LIBURAN
Ide-Ide Liburan ke Dieng
Ide-Ide Liburan ke Dieng
Beberapa Ide Terbaik Saat Liburan ke Dieng


Berburu Sunrise Sikunir


Berjelajah Savana di musim kemarau


Dieng bersalju dengan udara minus


Berperahu di puncak gunung


Tradisi api-api (genen)


Tambahkan Dieng ke perjalanan liburan impian Anda bersama orang-orang tercinta. Dieng merupakan dataran tinggi terindah di Jawa Tengah. Alam membentang luas dengan pemandangan beraneka ragam, tradisi budaya serta kuliner yang tak terlupakan. Dari liburan singkat one day tour, wisata alam, wisata adventure, wisata seni budaya, wisata culture akan memberikan kesan dan pengalaman tak terlupakan.

Berburu Sunrise Sikunir

Gagas aneka ide-ide liburan ke Dieng berikut ini. Bermula dari melihat indahnya matahari terbit di Dieng. Menyapa hangatnya matahari terbit di Dieng yakni dari Bukit Sikunir yang dikenal sebagai golden sunrise Sikunir ini mampu mengundang ribuan wisatawan. Banyak orang yang berkata jika belum menyaksikan indahnya Golden Sunrise Sikunir berarti Anda belum pernah mengunjungi Dataran Tinggi Dieng.

Ada banyak fenomena unik dan menarik saat melihat sunrise dari Bukit Sikunir, Jika cuaca mendukung negeri di atas awan menjadi suguhan utama. Gumpalan awan seperti lautan berbuih dan berombak bisa disaksikan tepat di bawah kaki Anda. Fenomena ini akan muncul biasanya di bulan Oktober hingga pertengahan Desember. Tak setiap harinya muncul tergantung cuaca. Jika musim kemarau tiba seperti bulan July hingga September Anda bisa menyaksikan cahaya golden secara sempurna maka tak heran berburu sunrise di Bukit Sikunir sudah menjadi tradisi saat orang berlibur ke Dieng.

Berjelajah Savana di musim kemarau

Dieng akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan saat menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tercinta Anda. Jika Anda suka berpetualang Dieng adalah tempat yang paling cocok untuk mengumbar hobi Adventure Anda. Asyiknya tracking naik turun pegunungan apalagi ada pemandangan indah yang susah di dapat di lain tempat.

Berkelana di Padang Savana Dieng bagaikan sedang menjelajahi Benua Afrika. Saat musim kemarau rerumputan kering mulai menyelimuti bekas kapundan kawah besar di Bukit Pangonan yang sering disebut Telaga Sumurup. Disitulah salah satu tempat berpetualang di Dieng. Rerumputan kering yang di kelilingi perbukitan dengan hutan hijau masih lebat akan memberi warna kontras pada setiap bidikan kamera. Datanglah di musim kemarau seperti di Bulan July, Agustus hingga September saat rumput masih kering sehingga tampak seperti savanna di Afrika.

Dieng bersalju dengan udara minus

Tak hanya dikaruniai ragam alam yang membentang indah, Dieng juga dikaruniai fenomena unik dan menarik dan bahkan jarang ditemukan di Indonesia. Datanglah ke Dataran Tinggi Dieng saat musim kemarau tiba seperti bulan July, Agustus atau September, Anda akan merasakan suhu udara seperti di Eropa.

Suhu udara mencapai -3 derajad celcius akan menyelimuti Dieng Plateau area. Karna hawa udara yang terlalu dingin, embun-embun pagi di dedaunan berubah menjadi Kristal-kristal es. Sungguh mengagumkan jika berkunjung ke Dieng di musim kemarau. Suhu minus mulai dirasa tengah malam hingga pagi dini hari sebelum sinar mentari mencairkan udara dingin Dieng. Kristal-kristal es berwarna putih terhampar luas seperti salju menyelimuti padang rumput serta tanaman kentang di Dieng. Daerah yang biasa di selimuti Kristal-kristal es atau salju dieng ialah di area Komplek Candi Arjuna.

Berperahu di puncak gunung

Pernahkan Anda naik perahu di puncak gunung? Jika belum Dieng adalah tempatnya. Tak hanya wahana wisata alam pegunungan saja yang dapat dinikmati wahana air seperti berperahu di puncak gunung dapat juga Anda rasakan. Ada beberapa obyek wisata Dieng yang menyediakan perahu atau sampan-sampan kecil untuk menghibur wisatawan yang datang.

Anda bisa menaiki perahu di Telaga Cebong yakni salah satu telaga yang terletak di desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu Desa Sembungan. Telaga ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena terletak di kaki Bukit Sikunir.

Tak hanya di Telaga Cebong saja, rasakan naik perahu tradisional di Telaga Menjer. Pemandangan yang indah dengan pepohonan cemara serta pegunungan yang membentengi Telaga Menjer akan membawa siapa saja yang berkunjung ke telaga ini merasa senang dan takjub. Ada beberapa perahu-perahu memang sengaja di sewakan untuk wisatawan yang hendak menikmati keindahan Telaga Menjer dengan mengelilingi secara langsung dengan luas kurang lebih 70 hektar.

Tradisi api-api (genen)

Menjajaki tradisi suatu daerah memang sangatlah asyik begitu juga saat Anda berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Dieng mempunyai suhu udara yang tebilang dingin untuk wilayah Indonesia. Ada satu tradisi atau kebiasaan orang-orang Dieng yakni bagaimana mereka membuat hawa dingin tersebut menjadi nyaman.

Jika dilihat hampir setiap rumah mempunyai tungku di dalam ruangannya. Tungku yang digunakan pun masih bersifat tradisional yakni tungku arang. Wisatawan sering menyebutkan api-api/perapian. Kebanyakan orang-orang Dieng menyambut tamu bukan di ruang tamu melainkan di dapur. Dapur merupakan tempat terpenting yang biasanya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan pastinya dilengkapi juga api-api. Orang lokal menyebutnya “genen” yang berasal dari kata“geni” atau dalam bahasa indonesianya “api”. Tradisi api-api sangat berguna dan sangat penting saat suhu udara Dieng sedang minus. Tradisi api-api (genen) ini akan menghangatkan Anda selama berlibur ke Dieng dengan membawa kesan yang tak terlupakan.