paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
KAWAH SIKIDANG
Kawah Paling Ramai Dikunjungi
kawah sikidang dieng jawa tengah
kawah sikidang dieng jawa tengah
kawah sikidang dieng jawa tengah
kawah sikidang dieng jawa tengah
kawah sikidang dieng jawa tengah
kawah sikidang dieng jawa tengah
Kawah Sikidang
Kawah Dengan Kandungan Belerang


Tentang Kawah Sikidang


Mengapa disebut Kawah Sikidang?


Apa saja yang dapat dilakukan di Kawah Sikidang?


Kawah Sikidang Dieng apakah aman dikunjungi?

Tentang Kawah Sikidang

Dieng terbentuk dari letusan gunung api tua. Disinilah bukti-bukti bahwa adanya letusan besar saat dahulu kala telah terjadi. Begitu banyak bentukan kawah yang berada di Dieng sebagai saksi bisu adanya letusan dahsyat. Salah satu contoh adalah Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang ini berada di kawasan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Lokasi Kawah Sikidang Dieng terbilang sangatlah mudah karena berada satu lokasi dengan objek-objek wisata lainnya seperti Telaga Warna dan Komplek Candi Arjuna. Saat hendak memasuki pintu gerbang masuk kawasan Kawah Sikidang Anda akan di sambut megahnya Candi Bima yang menghadap timur tepat di sisi kiri jalan utama.

Bunga-bunga terompet bergelantungan serta lebat pepohonan hijau hadir di sepanjang jalan. Pipa-pipa gas panas Dieng dengan uap panas berwarna putih pekat yang menyembur keluar juga tampak menjadi gerbang saat hendak memasuki kawasan Kawah Sikidang.

Bau sulfur atau Belerang akan terasa agak menyengat saat mulai dekat dengan area Kawah Sikidang Dieng. Saat memasuki kawasan ini Anda di sarankan untuk memakai masker atau penutup mulut. Bila kurang persiapan dari rumah, banyak penjaja masker yang menawarkan alat pelindung ini. Meskipun belerang tidak membahayakan akan tetapi bagi yang alergi dengan bau belerang akan mengakibatkan pening dan mual-mual.

Mengapa disebut Kawah Sikidang?

Nama dari kawah ini tidaklah asing lagi yaitu Sikidang. Sikidang sebenarnya di ambil dari nama hewan yaitu Kijang. Orang Jawa menyebut kidang sebagai hewan yang mempunyai kaki panjang dan bisa melompat-lompat. Sesuai namanya kawah utama di Kawah Sikidang ini sering pindah-pindah atau melompat-lompat seperti lompatan Kijang. Biasanya kawah utama berpindah-pindah dari satu tempat ke ketempat lain. Akan tetapi saat kawah utama berpindah ke tempat lain akan membutuhkan waktu bertahun-tahun tidaklah sekejab mata. Kawah utama hanya ada satu saja. Jika hendak berpindah kandungan air kawah yang lama akan surut dan air kawahpun akan meluap di bentukan kawah yang baru.

Meskipun ditemani bau yang menyengat saat mengunjungi obyek wisata dieng yang satu ini tidak akan menyurutkan para wisatawan untuk mengunjunginya. Pemandangan yang begitu kompleks, perpaduan warna yang sangat sempurna, warna putih kandungan belerang dengan bebatuan vulkanik, bukit nan hijau dan tanah berwarna coklat semakin membuat elok pemandangan di area Kawah Sikidang ini apalagi saat cuaca cerah dengan langit biru akan tampak sempurnanya mahakarya Sang Pencipta ini.

Saat menginjakkan kaki di area kawah yang berwarna putih kita akan menyaksikan bentukan kawah-kawah mungil sepanjang jalan menuju kawah utama. Kawah-kawah kecil ini tidak terlalu panas jika disentuh hanya bersuhu kurang lebih 70 derajad celcius. Banyak orang yang berdatangan iseng menyentuh kawah-kawah kecil ini. Bentuknya lucu dan berbunyi seperti air mendidih, biasanya muncul di sela-sela bebatuan.

Untuk menuju kawah utama Anda harus berjalan menaiki bukit kecil dimana kawah raksasa itu terbentuk. Sungguh luar biasa air belerang bergejolak begitu dahsyatnya dengan kepulan asap yang membumbung tinggi. Tentunya tidak banyak yang mempunyai fenomena alam yang sedemikian rupa. Di sinilah kita bisa menyaksikan secara dekat gejolak aktivitas panas bumi yang begitu mengagumkan.

Apa saja yang dapat dilakukan di Kawah Sikidang?

Pemandangan alam yang sangat indah dengan perpaduan warna sempurna apalagi dengan background Bukit Pangonan tampak menghiasi kawasan ini banyak orang yang mengabadikan moment tersebut. Jika saat hari libur tiba maupun weekend kita dapat menemukan penjual telur rasa belerang. Penduduk setempat memanfaatkan panas air kawah ini untuk merebus telur dan menjajakannya. Tidak sedikit orang-orang yang sedang mengunjungi Kawah Sikidang mencicipi telur yang di rebus di air kawah. Pengunjung juga dapat menikmati sensasi memancing telur di air kawah. Bukan ikan yang di dapat tapi telur rasa belerang siap santap yang di dapat.

Di area Kawah Sikidang Anda juga dapat memanfaatkan kekayaan alam ini untuk kesehatan. Jika Anda mempunyai penyakit kulit seperti gatal-gatal atau jerawat, air belerang ini dapat di manfaatkan untuk kesehatan Anda dengan cara mengoles-oleskan air belerang ke bagian kulit Anda yang bermasalah. Ada banyak kawah-kawah kecil yang mendidih tidak terlalu panas di bawah 100 derajad celcius dan dapat Anda manfaatkan. Jika malas melakukannya Anda juga bisa membawa pulang baik lumpur belerang/air belerang/batu belerang yang sudah di jajakan para penjual di sekitar Kawah Sikidang.

Bagi Ibu-Ibu yang hendak membawa oleh-oleh aneka sayur seperti kentang Dieng dengan banyak varian yaitu kentang kuning biasa, kentang merah ataupun kentang ungu, buah carica Dieng, terung belanda,purwaceng tersedia juga cabe khas Dieng yaitu cabai Dieng yang sering disebut-sebut orang lokal sebagai cabe Gendot dan aneka sayur juga tersedia di sini.

Kawah Sikidang Dieng apakah aman dikunjungi?

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang di Dieng Plateau aman dikunjungi. Senyawa dari Kawah Sikidang ini adalah zat-zat yang mengandung sulfur atau belerang. Memang baunya yang agak menyengat akan dirasa ketika Anda mulai memasuki wilayah ini jadi jangan sungkan-sungkan untuk memakai masker agar bau sulfur ini tak terasa teramat menyengat. Kandungan sulfur ini kaya manfaat dan tidak membahayakan seperti sebagai kosmetik alam. Kepulan asap tipis dari Kawah Sikidang dapat menghaluskan kulit tapi tidak boleh berlebihan hanya sebentar saja. Kawah Sikidang juga sebagai sarana merebus telur yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang sedang berkunjung.

Kawah Sikidang memang merupakan salah satu kawah aktif di Dieng Plateau. Suhu lava/sulfur di Kawah Sikidang juga berbeda-beda naik turun berdasarkan aktivitas pegunungan Dieng itu sendiri. Kawah Sikidang ini terbilang aman karena aktivitasnya juga dipantau oleh petugas vulkanologi Dieng apabila ada peningkatan aktivitas untuk mengecek berbahaya atau tidak apabila dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi Kawah Sikidang merupakan tempat rekomendasi dan aman untuk dikunjungi.