paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
KENTANG
Pemasok Kentang Terbesar Indonesia
kentang Dieng jawa tengah
kentang Dieng jawa tengah
kentang Dieng jawa tengah
kentang Dieng jawa tengah
kentang Dieng jawa tengah
kentang Dieng jawa tengah
Kentang Dieng
The Soul Of Dieng Plateau


Tentang Kentang Dieng


Pembudidayaan Kentang Dieng


Dimana membelinya


Tentang Kentang Dieng

Dataran Tinggi Dieng dikaruniai oleh Sang Pencipta tanah yang luas dan subur. Meskupun tekstur tanah Dieng berbukit-bukit apapun yang di tanam tumbuh hidup disana ibarat pepatah mengatakan “Tongkat kayu jadi tanaman”. Lahan yang subur ini tak disia-siakan oleh penduduk setempat. Mereka memanfaatkan lahan yang subur untuk lahan pertanian khususnya sayur mayur.

Pegunungan dengan lereng-lereng curam mampu disulap oleh penduduk setempat petak-petak kecil seperti terasiring dan bisa untuk menanam kentang. Tak ada secuil lahanpun di area Dieng Plateau yang tersia-siakan hampir semua lahan di penuhi tanaman kentang dan sayur mayur lainnya.

Hampir 100% penduduk Dieng bermata pencaharian sebagai petani. Lahan-lahan di lereng perbukitan hampir semua adalah tanaman kentang makanya Dieng merupakan satu-satunya daerah pengasil kentang terbesar di seluruh Indonesia. Maka tak heran ketika seseorang menyebutkan daerah Dieng pasti mereka akan menanyakan tentang kentang Dieng.

Pembudidayaan Kentang Dieng

Hampir semua lahan pertanian di Dieng ditanami kentang. Pembudidayaan kentang Dieng memang hampir mirip dengan pembudidayaan kentang di daerah lainnya. Yang terpenting dalam penanaman kentang Dieng ialah pintar memilih bibit unggul, pemupukan, pengairan dan pengontrolan tanaman. Itu semua akan menjadi hal fatal dan harus diperhatikan saat pembudidayaan kentang Dieng.

Banyak orang-orang tanya khususnya mereka yang tidak tau dunia pertanian sebagai contoh para pelancong yang sedang mengadakan tour ke Dieng. Para wisatawan kadang tidak mengetahui kentang ditanam dari apa ya? Bijinya atau batangnya? Bibit kentang ternyata dari kentang juga dan daun kentang hampir mirip dengan daun tomat hanya saja kalau kentang buahnya di dalam tanah tidak seperti tomat.

Kentang yang dibuat bibit memang mempunyai ukuran kecil-kecil dan pastinya sudah di olah sedemikian rupa oleh ahli pertanian khususnya pembibitan kentang Dieng. Masa penanaman kentang sekitar 3-4 bulan. Jadi dalam setahun bisa memanen hingga 4 kali panen. Untuk perkiraan hasil biasanya 1 hektar menghasilkan 2 ton kentang.

cara panen kentang juga berbeda dengan panen ketela rambat/ubi. Saat kentang hendak di panen harus ditunggu terlebih dahulu sampai daunnya mongering. Kalau daunnya sudah mongering atau mati barulah kentang Dieng tersebut bisa di panen.

Saat Anda pergi ke Dieng pasti melihat pipa-pipa kecil berwarna putih di pinggir jalan bahkan ada yang hampir seperti gapura jalan. Jangan heran pipa-pipa kecil itu digunakan para petani untuk pengairan kentang. Pipa-pipa kecil tersebut digunakan untuk pengairan kentang sampai ke puncak-puncak bukit saat musim kemarau tiba karena tidak ada air hujan seperti musim penghujan. Air di dalam pipa-pipa tersebut diambil dari telaga ataupun sungai-sungai yang ada di bawah bukit. Para petani menaikkan air tersebut dengan diesel agar air dapat di tarik keatas untuk pengairan kentang Dieng.

Adapun sumber air yang digunakan untuk mengairi lahan-lahan kentang di Dieng yakni aliran sungai serayu, air dari Telaga Pengilon, air dari Telaga Balekambang, air dari Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Dringo serta telaga-telaga Dieng lainnya. Maka tak heran jika Anda mengunjungi obyek wiata Dieng seperti telaga-telaga di atas akan menemui banyak sekali pipa-pipa kecil pengairan pertanian yang terkadang mengganggu background foto Anda.

Dimana membelinya

Saat Anda tour ke Dieng jangan lupa untuk membeli oleh-oleh kentang khas dataran tinggi di Jawa Tengah ini. Kentang Dieng terkenal akan rasanya yang enak dan mempunyai tekstur lebih lembut kalau orang Jawa bilang kentang nya pulen. Kentang Dieng memang enak di masak apa saja.

Sebelum membeli kentang Dieng mentah, Anda dapat membeli kentang Dieng yang sudah di olah oleh warga setempat seperti kentang kecil-kecil di buat rendang, dan kentang yang sedang kebanyakan digoreng tepung atau kripik kentang. Anda dapat mencicipi aneka olahan kentang di warung-warung setiap obyek wisata Dieng.

Anda dapat membeli kentang mentah juga di masing-masing obyek wisata Dieng, kebanyakan mereka menjual kentang mentah untuk oleh-oleh di bawa ke kampung halaman. Kentang Dieng juga ada berbagai macam varian ada kentang kuning biasa yang ditemukan di pasar-pasar, ada juga kentang merah dan kentang ungu. Kentang Dieng merah dan ungu ini biasanya di buru oleh wisatawan yang sedang tour ke Dieng. Karena kentang tersebut dapat digunakan untuk obat para penderita diabetes.