paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
Gardu Pandang
Golden Sunrise Gardu Pandang Tieng
golden sunrise gardu pandang dieng jawa tengah
Sunrise Gardu Pandang
Sunrise pada Ketinggian 1789 mdpl


Tentang Gardu Pandang Tieng


Apa yang dapat disaksikan


Tempat menyaksikan sunrise


Tentang Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan salah satu obyek wisata di Dieng yang populer di kunjungi para wisatawan. Gardu Pandang Tieng adalah salah satu spot obyek yang terletak di ketinggian 1789 meter di atas permukaan laut. Bangunan mungil sederhana dengan dua lantai terlihat seperti gardu yang terletak di ketinggian menjadi tempat yang istimewa untuk melihat bentang alam lembah Dieng.

Akses menuju Gardu Pandang Tieng sangatlah mudah, dapat dilewati dengan jalur Wonosobo Dieng di km 15 yakni tepatnya tepi sisi kanan jalan raya Dieng. Di sinilah biasanya orang-orang yang hendak menuju Dataran Tinggi Dieng berhenti sejenak untuk melepaskan lelah maupun sekedar berfoto-foto dengan kerabat serta family.

Apa yang dapat disaksikan

Salah satu gunung besar yang menghimpit kota Wonosobo yaitu Gunung Sindoro terlihat sangatlah elok di sini. Terkadang awan tipis menyelimuti gunung ini. Hamparan pertanian sawah dengan tekstur tanaman kentang Dieng di tebing-tebing pegunungan Dieng terlihat sangat sedap di pandang mata. Hamparan pertanian kentang yang di buat terasiring menjadi pemandangan alam yang menawan di Dieng serta menjadi pemandangan yang khas saat mengunjungi Dataran Tinggi Dieng.

Jika cuaca sedang bersahabat, sepanjang hari Anda dapat menikmati pemandangan dari Gardu Pandang Tieng. Cuaca juga dapat berubah sewaktu-waktu terkadang kurang cerah. Jika cuaca kurang cerah kita terasa di dalam awan tapi tidak bisa melihat pemandangan sekitar. Biasanya saat berkabut di sinilah hawa dingin pegunungan mulai terasa ke sekujur tubuh.

Tidak hanya pemandangan alam yang menawan saja yang akan Anda dapatkan jika mengunjungi objek wisata Gardu Pandang Tieng, tiupan angin yang sepoi-sepoi dan hawa dingin khas pegunungan akan selalu memberikan sensasi tersendiri. Lelah dan jenuh perjalananpun akan segera hilang. Di hawa udara yang dingin ini kita dapat menikmati aneka minuman hangat seperti minuman khas Dieng yaitu purwaceng di warung-warung kecil yang bersebelahan dengan Gardu Pandang Tieng

Tempat menyaksikan sunrise

Gardu Pandang Tieng juga merupakan tempat menyaksikan matahari terbit. Dari Gardu Pandang Tieng Anda dapat melihat matahari terbit dengan cahaya keemasan yang sering di sebut Golden Sunrise teksturnya hampir seperti Golden Sunrise Sikunir. Jika melihat sunrise dari Gardu Pandang Tieng Anda tidak usah bersusah payah mendaki bukit dengan medan yang cukup terjal. Hanya dengan memarkirkan kendaraan saja Anda juga langsung dapat menyaksikan sensasi golden sunrise di pegunungan Dieng.

Gardu Pandang Tieng merupakan tempat terindah Dieng sunrise yang sampai saat ini masih elok dipandang mata. Sunrise Gardu Pandang Tieng terdengar tenar lebih awal sebelum Golden Sunrise Sikunir. Disinilah dulu orang-orang biasanya menyapa sang mentari pagi yang terbit dari ufuk timur.

Gardu Pandang Tieng telah menjadi tujuan favorit wisatawan rombongan besar yang sungkan mendaki bukit atau berjalan jauh. Hanya selangkah saja dari jalan dan tinggal memarkirkan kendaraan Anda, semburat cahaya keemasan yang muncul di balik pegunungan yang mengitari Dieng akan Anda nikmati. Akan terasa lebih nikmat dengan merasakan hangatnya secangkir gingseng ala Dieng yaitu purwaceng sebagai teman menanti sang mentari di pagi hari dengan camilan kentang goreng atau tempe kemul. Ada beberapa warung yang menjajakan jajanan serta minuman khas tersebut tanpa susah-susah membawa bekal dari rumah.

Jika Anda ingin menikmati keindahan golden sunrise dari Gardu Pandang, berangkatlah sekitar jam 04.00 kalau dari Kota Wonosobo. Waktu yang tidak terbilang terlalu pagi yang kebanyakan orang masih mampu untuk mengejarnya. Jarak antara Wonosobo menuju Gardu Pandang kurang lebih 40 menit perjalanan. Sekitar jam 05.00 Anda tiba di Gardu Pandang untuk menyaksikan semburat cahaya keemasan yang mulai datang hingga matahari muncul sekitar pukul 05.45 pagi waktu munculnya matahari terbit bisa kurang ataupun lebih tergantung waktu, bulan serta cuaca sekitar. Jangan lupa mempersiapkan keperluan seperti baju hangat, tutup kepala, sarung tangan serta sepatu karena di area ini udara pegunungan sudahlah terasa.