paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
TELAGA MENJER
Wahana Berperahu di Puncak Gunung
telaga menjer dieng jawa tengah
Telaga Menjer
Telaga Terdalam di Dieng


Tentang Telaga Menjer


Nikmati asyiknya naik perahu di puncak gunung


Bagaimana cara menuju Telaga Menjer?


Tentang Telaga Menjer

Telaga Menjer merupakan salah satu telaga cantik di sekitar Dataran Tinggi Dieng yang di gemari banyak orang karena pemandangan alamnya. Udara yang sejuk dengan suasana tenang mampu mencairkan segala kepenatan dan kesibukan saat jam kerja maupun jam sekolah. Telaga Menjer adalah telaga alami bukan buatan manusia yang sengaja di buat bendungan tapi telaga ini berasal dari bekas letusan yang berbentuk kapundan kawah raksasa yang diperkirakan dahulu kala terjadi letusan besar di area ini. Air yang menggenangi Telaga Menjer berasal dari segala penjuru mata air di sekitar kapundan kawah tersebut dan ditambah aliran dari sungai serayu melalui terowongan sepanjang kurang lebih 3,5 km dari Desa Kreo.

Telaga Menjer mempunyai luas kurang lebih 70 hektar dengan kedalaman 60 meter. Telaga Menjer berada di Desa Menjer, Kecamatan Garung dan memasuki Kabupaten Wonosobo. Telaga ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut makanya udara yang dirasa sangatlah sejuk.

Nikmati asyiknya naik perahu di puncak gunung

Saat berlibur bersama family maupun kerabat ke Dieng ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti naik gunung saat mengejar sunrise, berpetualang ke padang savana maupun berkelana bersama alam liar dengan mengunjungi berbagai pilihan obyek wisata menarik Dieng seperti candi-candi Dieng, kawah-kawah Dieng maupun mengunjungi berbagai jenis danau/telaga-telaga di Dieng.

Dieng memang terkenal dengan obyek wisata alamnya yang komplit yang berkaitan dengan landscape pegunungan. Dataran Tinggi Dieng meskipun bertekstur pegunungan dan mungkin orang-orang mengira airnya sedikit karena tidak ada resapan, tapi jangan salah Dieng merupakan daerah pegunungan yang kaya akan telaga-telaga alami bisa kita lihat seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Dringo, Telaga Menjer, Telaga Balekambang dan lain-lain dengan air melimpah. Semua itu terbentuk karena suatu letusan gunung berapi. Tapi sekarang baru kita nikmati untuk disaksikan keindahan alamnya. Saat mengunjungi salah satu telaga di sekitar Dieng, rasakan sensasi berbeda dengan berperahu di daerah pegunungan. Ada agenda/aktivitas unik selama berkunjung ke Dieng mungkin dengan mengikuti satu rangkaian paket wisata Dieng maupun memang mengagendakan untuk berjalan ke Dieng sendiri.

Anda dan keluarga dapat merasakan asyiknya naik perahu di salah satu telaga terbesar di Kabupaten Wonosobo yang masih masuk di area dekat Dieng bahkan ada di balik Pegunungan Dieng yaitu di Telaga Menjer.

Telaga Menjer ini juga terbentuk karena adanya letusan gunung berapi pegunungan Dieng. Hal itu terlihat dari tekstur tepian telaga berupa bebatuan vulkanik. Air yang melimpah ini muncul dari sumber air dalam tanah yang berada di area Telaga Menjer tersebut. Sumber air di Telaga Menjer juga berasal dari aliran sungai serayu yang bermuara di Dieng. Pemandangan Telaga Menjer juga tidak kalah dengan panorama telaga-telaga lainnya di Dieng. Di Telaga Menjer kita dapat menyaksikan pemandangan alam ala Eropa bahkan mirip dengan danau-danau di Finlandia.

Danau cantik berbentuk bulat seperti mangkuk dan di kelilingi pepohonan cemara serta di sediakan gazebo-gazebo kecil untuk menikmati shahdunya alam di Telaga Menjer. Ada beberapa perahu yang di rakit oleh masyarakat sekitar Telaga Menjer yang memang di persiapkan sebagai wahana menarik naik perahu di puncak gunung. Kita diajak berkeliling telaga dengan durasi kurang lebih 45 menit. Pemandangan indah mampu membius untuk mengatakan kagum kepada keindahan alam. Jika cerah Gunung Sindoro juga terlihat dari Telaga Menjer dan juga Pegunungan Dieng yang membentengi tempat ini.

Nikmati sensasi baru naik perahu di puncak gunung, dijamin akan membawa perjalanan Anda bersama keluarga ke Dieng yang tak terlupakan.

Bagaimana cara menuju Telaga Menjer?

Ada beberapa pilihan akses untuk menuju Telaga Menjer ini diantaranya dari jalur Kejajar maupun dari Garung. Akses termudah yaitu dari jalur Garung. Kebanyakan orang yang jalan sendiri tidak bersama pemandu maupun mengikuti paket wisata mereka jarang tau bahkan tidak menemukan Telaga Cantik ini karena untuk jalurnya menyimpang dari jalur utama Wonosobo-Dieng. Jika Anda melalui jalur Garung saat tiba di Pasar Garung belok kiri masuk ke gapura yang bertuliskan PLTA Garung. Selang beberapa saat Anda akan melewati jalan berliku meliuk tajam menanjak dan terlihat pula pipa-pipa besar merayap panjang di sepanjang jalan menuju Telaga Menjer.

Pipa berwarna hijau ini adalah tempat mengalirkan air dari Telaga Menjer ke PLTA Garung untuk membangkitkan turbin yang dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Disinilah kekayaan alam dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik pun ada. Tidak hanya sensasi naik perahu di Telaga Menjer dan menikmati pemandangan sekitar Telaga Menjer saja tapi manfaat untuk masyarakat sungguh besar juga di dapat dari telaga cantik Telaga Menjer yang berada di Kawasan Dieng Plateau. Turbin-turbin pembangkit listrik ini berada pada ketinggian 996 mdpl dengan aliran pipa dari ketinggian 1.200 mdpl.

Jalur ke dua yang sering di lalui adalah jalur yang dari arah Kejajar. Saat turun dari Dieng Anda akan melihat papan nama bertuliskan Telaga Menjer di pertigaan belok kanan jalan. Dari sinilah Telaga Menjer dapat dikunjungi. Jika melewati jalur ini ada pemandangan alam memukau di sepanjang jalan. Apalagi saat cuaca cerah Anda dapat menyaksikan megahnya Gunung Sindoro yang tepat di sisi kiri Anda dengan ladang sayur mayur terbentang luas. Sebelum sampai ke area Telaga Menjer Anda juga dapat mampir sejenak di perkebunan teh. Dari sini pula keindahan Telaga Menjer dapat disaksikan.