paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
TELAGA PENGILON
Konon Telaga Jernih Seperti Cermin
telaga pengilon dieng jawa tengah
Telaga Pengilon Dieng
Telaga Dengan Air Jernih


Tentang Telaga Pengilon


Mengapa di sebut Telaga Pengilon


Cara menuju Telaga Pengilon


Tentang Telaga Pengilon

Siapa sih yang tidak mengenal Telaga Pengilon Dieng? Telaga Pengilon kerap di perbincangkan masyarakat sebagai telaga kembarannya Telaga Warna karean letaknya berdampingan. Telaga Pengilon mempunyai daya tarik tersendiri ketika dikunjungi.

Daya tarik yang tersimpan dari Telaga Pengilon karena perbedaan warna dengan Telaga Warna padahal letaknya yang berdampingan. Telaga Warna mempunyai corak keberagaman warna diantaranya kombinasi warna hijau, biru, silver, kuning maupun coklat sedangkan Telaga Pengilon hanya mempunyai 1 warna saja yaitu putih.

Mengapa di sebut Telaga Pengilon

Nama dari Telaga Pengilon berasal dari kata Pengilon atau dalam bahasa Indonesianya adalah cermin. Telaga Pengilon/Telaga Cermin dahulunya memiliki air yang sangat jernih tentunya berbeda dengan Telaga Warna yang memantulkan aneka warna dari permukaan telaga.

Karena airnya sangat jernih, konon Telaga Pengilon dipercaya oleh penduduk sekitar sebagai sarana untuk melihat prilaku seseorang dengan cara bercermin atau ngilo di permukaan air Telaga Pengilon ini. Jika seseorang terlihat cantik / tampan parasnya dari segi fisik dan ternyata setelah bercermin di Telaga Pengilon menjadi buruk rupa itu menandakan bahwa prilaku seseorang tersebut buruk dan Jika seseorang yang terlihat jelek dari lahirnya dan ternyata saat ngilo atau bercermin di Telaga Pengilon tampak tampan/cantik maka seseorang tersebut memiliki prilaku atau tingkah laku yang baik.

Cara menuju Telaga Pengilon

Telaga Pengilon terletak di samping Telaga Warna makanya saat hendak menuju Telaga Pengilon ini Anda akan melewati Telaga Pengilon terlebih dahulu. Untuk menuju Telaga Pengilon Dieng Anda akan memasuki pintu masuk utama kawasan Badan Konservasi Sumber Daya Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon (BKSDA). Hanya berjalan lurus sejauh kurang lebih 300 meter Anda akan sampai di Kawasan Telaga Pengilon.

Landscape alam yang disuguhkan di Telaga Pengilon adalah berfoto-foto di tepian telaga dengan background perbukitan yang mengelilinginya serta dapat pula bercermin disini seperti legenda di jaman dahulu. Saat musim penghujan air Telaga Pengilon tentunya tak sejernih di musim kemarau karena adanya pendangkalan lumpur. Anda juga dapat mengelilingi Telaga Pengilon untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda. Selamat mencoba berpetualang di Dieng dengan menjelajah Obyek Wisata alam lainnya di Dieng.