paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
Telaga Warna
Memancarkan Aneka Gradasi Warna
telaga warna dieng jawa tengah
Telaga Warna Dieng
Telaga Panca Warna


Apa yang dapat disaksikan?


Dimana tempat terindah untuk melihat Telaga Warna?


Dimana letaknya?



Dieng terkenal akan mahakarya alamnya. Banyak tempat-tempat indah tersimpan di Dataran Tinggi Dieng. Daerah berhawa sejuk yang akan membuat siapa saja untuk betah untuk tinggal di Dataran Tinggi Dieng. Salah satu obyek wisata yang telah menjadi momok masyarakat dan selalu dibicarakan oleh khalayak umum ketika sedang berbincang tentang Dieng. Telaga Warna adalah salah satu tempat yang paling fenomenal di Dataran Tinggi Dieng. Terletak di ketinggian 2093 meter di atas permukaan laut tepatnya di Desa Dieng Wetan yang masuk daerah teritorial Kabupaten Wonosobo selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Apa yang dapat disaksikan?

Ketika memasuki pintu masuk Telaga Warna kita akan di suguhi pemandangan nan elok. Deretan Bunga Pancawarna atau yang sering di sebut juga Bunga Hortensia akan menyambut kedatangan siapa saja yang mengunjungi kawasan konservasi Telaga Warna. Bunga Pancawarna yang tumbuh begitu baik di kawasan Telaga Warna ini dengan lima warna dengan bunga yang bermekaran dan berukuran raksasa dibanding hidup di daerah lain akan mengajak para pelancong untuk berfoto bersama.

Tidak jauh dari pintu masuk utama Telaga Warna hanya berjarak sekitar 20 meter saja kita dapat menyaksikan langsung Telaga yang memancarkan gradasi aneka warna. Telaga Warna mengandung sulfur atau yang sering disebut belerang yang mempunyai intensitas berbeda-beda setiap waktu sehingga memungkinkan warna-warna yang muncul dari Telaga Warna ini juga berbeda-beda.

Gabungan warna hijau, biru, silver, kuning dan coklat ini juga tergantung pada banyak atau sedikitnya pantulan cahaya matahari karena warna-warna yang terlihat di Telaga Warna akibat refleksi cahaya matahari ke permukaan air telaga yang mengandung belerang. Ada juga titik dimana tempat terindah untuk menyaksikan telaga warna yaitu dari Bukit Sidengkeng dan batu pandang.

Waktu yang cocok untuk menikmati keindahan Telaga Warna tepatnya saat matahari tepat di titik vertikal sehingga warna-warna yang di pantulkan akan terlihat pekat dan sempurna tentunya. Terkadang Telaga Warna mengalami pasang dan surut. Jika musim penghujan kita dapat menyaksikan volume air di Telaga Warna terbilang banyak. Akan tetapi karena banyak mendungnya maka warna yang di hasilkan dari Telaga Warna ini kurang maksimal tepanya warna terlihat suram.

Jika musim kemarau kita dapat menyaksikan Telaga Warna dengan warna yang begitu elok dipandang mata. Tak hentinya lensa kamera menemani perjalanan wisata bersama keluarga di Telaga Warna ini. Warna air telaga terlihat teramat cerah. Cocok untuk berfoto. Akan tetapi volume air telaga saat musim kemaru menjadi surut.

Jangan sampai terlupakan jika sedang mengunjungi Telaga Warna nan cantik ini untuk berfoto di batang tumbang di salah satu titik objek Telaga Warna. Pohon tumbang yang berasa di atas air ini telah menjadi maskot Telaga Warna Dieng.

Dimana tempat terindah untuk melihat Telaga Warna?

Dieng merupakan dataran tinggi yang menyimpan banyak keajaiban alam seperti munculnya telaga-telaga cantik di puncak pegunungan. Ada beberapa telaga-telaga cantik yang terbentuk akibat letusan vulkanik di Dieng seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Dringo, Telaga Swiwi, Telaga Balekambang, Telaga Merdada dan Telaga Menjer.

Dari daftar telaga-telaga tersebut ada salah satu telaga yang menjadi incaran wisatawan ketika mereka berlibur ke Dieng yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Telaga Warna dan Telaga Pengilon Dieng lokasinya bersebelahan yaitu di area Badan Konservasi Sumber Daya Alam. Telaga Warna dan Telaga Pengilon berlokasi didekat obyek wisata lainnya seperti Dieng Plateau Theater, Kawah Sikidang, komplek candi-candi di Dieng seperti Candi Arjuna, Candi Gatutkaca maupun Candi Bima Dieng.

Saat mengunjungi obyek wisata di Dieng tentunya Anda akan memilih beberapa titik obyek yang di anggap sempurna melihat sebuah tempat wisata. Ada beberapa lontaran pertanyaan yang pastinya para wisatawan ingin tahu dimana titik terbaik untuk melihat panorama alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon secara menyeluruh. Pasti di tempat yang lebih tinggi atau perbukitanlah jawabannya. Memang benar ada dua titik terindah untuk melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yaitu dari Bukit Sidengkeng dan dari Batu Ratapan Angin atau sering disebut juga Batu Pandang. Di kedua titik itulah saat ini ramai dibicarakan para wisatawan.

Dimana letaknya?

Dimanakah Bukit Sidengkeng dan Batu Pandang itu berada? Untuk menemukan Bukit Sidengkeng sangatlah mudah, Jika Anda tidak tahu sama sekali tentang Dieng orang-orang pasti tau dimana letak Bukit Sidengkeng. Bukit Sidengkeng memang sudah menjadi tempat favorite wisatawan untuk melihat Telaga Warna yang tampak begitu cantik. Bukit Sidengkeng tepatnya berlokasi di area Wana Wisata Petak Sembilan Dieng yaitu berada sebelum pintu masuk utama Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Bukit Sidengkeng merupakan salah satu lahan utama untuk berpetualang / adventure Dieng. Anda harus tracking mendaki bukit kurang lebih 20 menit untuk sampai di puncak dimana kita dapat menyaksikan keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Ketika sampai puncak tentunya kita akan dimanjakan dengan landsacape pegunungan-pegunungan Dieng seperti Gunung Sindoro, Gunung Prau, Bukit sikendil dan masih banyak lagi pegunungan yang mengelilingi Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Manjakan diri Anda dengan menyaksikan keindahan panorama Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang tampak dramatis dari Bukit Sidengkeng dan Batu Pandang Dieng

Dari Bukit Sidengkeng tampak dua telaga menjadi satu dengan pancaran aneka warna lebih pekat. Di depan sana juga terlihat perbukitan yang penuh dengan batu-batu terjal dimana titik kedua untuk melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon berada yaitu Batu Pandang.

Untuk menggapai Batu Pandang Dieng tentunya melalui jalur yang berbeda, tidak dari Wana Wisata Petak Sembilan lagi lebih tepatnya berjalanlah menyusuri area Dieng Plateau Theater yang letaknya tepat di atas area Telaga Warna. Tidak jauh dari Dieng Plateau Theater kita dapat menemukan Batu Pandang ini. Berbeda dengan Bukit Sidengkeng yang harus mendaki di jalanan setapak, untuk menuju Batu Pandang sangatlah mudah tidak perlu menghabiskan banyak tenaga yaitu hanya berjalan sebentar di jalanan yang sudah di buat tangga-tangga. Hanya 5 menit saja kita langsung sampai ketempat tujuan yaitu berupa bebatuan besar yang memang di sediakan untuk melihat bentang alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Semua orang bisa menjangkau tempat ini tidak hanya wisatawan berjiwa adventure saja. Disinilah kebanyakan para wisatawan mengabadikan moment foto-foto terindah ketika berkunjung ke Dieng.