paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
paket wisata dieng bellinda dieng tour
HUT WONOSOBO
Hari Jadi Kabupaten Wonosobo
ulang tahun wonosobo
ulang tahun wonosobo
ulang tahun wonosobo
ulang tahun wonosobo
ulang tahun wonosobo
ulang tahun wonosobo
Ulang Tahun Wonosobo
Perayaan Hari Jadi Wonosobo


Wonosobo


Agenda Peringatan Ulang Tahun Wonosobo



Wonosobo

Wonosobo adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah propinsi Jawa Tengah. Wonosobo terletak di daerah pegunungan di bagian timur terdapat 2 gunung besar yaitu Gunung Sindoro dengan ketinggian 3.136 mdpl dan Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl sedangkan sebelah utara ada Dataran Tinggi Dieng yaitu Gunung Prau sebagai puncaknya dengan ketinggian 2.565 mdpl.

Hawa udara Kota Wonosobo terbilang sangat sejuk jadi tak heran banyak orang yang betah untuk singgah di kota yang terkenal akan mie ongkloknya. Wonosobo selalu ramai dikunjungi para pendatang untuk berlibur seperti hari-hari libur nasional ataupun saat weekend tiba karena Kabupaten Wonosobo memiliki daerah wisata andalan yaitu Dataran Tinggi Dieng.

Tak hanya kaya akan pemandangan alam yang indah saja akan tetapi Wonosobo kaya akan budaya seperti upacara adat untuk memperingati hari jadi Wonosobo. Banyak pameran atau festival budaya yang diselenggarakan saat ritual ini di mulai. Jadi jangan sampai ketinggalan moment penting untuk menikmati acara-acara adat dalam rangka perayaan ulang tahun Wonosobo.

Agenda Peringatan Ulang Tahun Wonosobo

Adapun acara yang sering di lakukan diantaranya adalah kirab budaya. Kirab budaya biasanya dilakukan sebagai pembuka agenda ulang tahun Wonosobo. Para pejabat dan penduduk desa untuk mewakili desa/kecamatan berbondong-bondong menuju pendopo kabupaten Wonosobo yang terletak di sebelah alun-alun kota. Mereka berpakaian adat Jawa dengan aksesoris lengkap berjalan mengelilingi pusat kota Wonosobo di jalan utama pusat kota.

Di hari berikutnya ada prosesi pengambilan air dari tujuh sumur/mata air. Pengambilan tujuh mata air ini merupakan salah satu agenda ritual saat perayaan hari ulang tahun Wonosobo. Tidak sembarang air diambil untuk prosesi tersebut. Dari tujuh sumur itu adalah air dari tuk bima lukar yaitu muaranya kali serayu yang berada di Desa Dieng kemudian air suci dari Gua Sumur, Gua Sumur ini juga terletak di Dieng tepatnya di kawasan cagar alam Telaga Warna Dieng dan Telaga Pengilon Dieng. Selanjutnya adalah mata air Mudal, mata air Surodilogo, mata air Tempurung, mata air Kaliasem dan mata air Mangli. Dari ketujuh mata air tesebut mempunyai makna dan fungsi masing-masing sebagai syarat prosesi Upacara Berat Sengkala. Bahwasannya pengambilan air suci ini bermakna sebagai penolong bagi seluruh masyarakat Wonosobo agar terbebas dari sengkala dan dari ketujuh sumber mata air tersebut memang sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat Wonosobo

Acara selanjutnya adalah ziarah ke makam para pendiri Wonosobo kemudian doa keselamatan dan ritual Berat Sengkala. Acara doa keselamatan ini biasanya di adakan di gazebo alun-alun Wonosobo dengan memanfaatkan tujuh mata air sebagai syarat ritual ini. Tak sedikit orang yang datang untuk mengikuti prosesi doa bersama ini dan sekaligus ikut prosesi ritual Berat Sengkala.

Acara tak terhenti saat prasesi Berat Sengkala akan tetapi agenda boyong kedhaton juga menjadi susunan agenda dalam rangka memperingati hari ulang tahun Wonosobo. Boyong Kedhaton merupakan prosesi perpindahan pusat pemerintahan Wonosobo yang dulunya berada di Kecamatan Selomerto. Nah acara yang dinanti-nanti berikutnya saat hari ulang tahun Wonosobo berlangsung adalah pesta rakyat. Disinilah masyarakat bisa menikmati tontonan yang telah diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Wonosobo seperti pagelaran-pagelaran budaya yakni pertunjukan wayang kulit, lomba permainan tradisional, lomba memasak tradisional, lomba lukis dan pagelaran budaya lainnya.

Acara baru dan sering di tunggu-tunggu oleh masyarakat ataupun para wisatawan yang sedang tour ke Dieng ialah “simponi negeri di atas awan”. Simponi negeri di atas awan ini di adakan di Dataran Tinggi Dieng dan mempunyai beberapa rincian kegiatan sebagai berikut: kirab budaya, pencukuran anak rambut gimbal, opera mahakarya Dieng, international Dieng acoustic festival, international Dieng fun bike dan parade Harley Davidson serta mobil modifikasi, diramaikan juga dengan Dieng international photography dan yang berikutnya adalah Dieng international camping and adventure

Rangkaian acara berikutnya selain simponi negeri di atas awan adalah festival balon udara. Festival balon udara selalu di adakan setiap tahunnya tanpa tertinggal saat hari ulang tahun Wonosobo. Festival balon tradisional mampu menyedot masyarakat umum, wisatawan yang sedang tour ke Dieng maupun media untuk menyaksikan acara ini.

Wonosobo Costum Carnaval juga menjadi agenda utama saat perayaan hari jadi Wonosobo. Disinilah para designer beradu desain pakaian masing masing dengan berbahan bebas bisa alami atau buatan tergantung kreatifitas masing-masing designer. Acara ini juga ramai dikunjungi oleh banyak orang yang memang sengaja di adakan di pusat kota Wonosobo yaitu sekitar pendopo kabupaten. Nah demikian gambaran acara saat hari ulang tahun Wonosobo.